PGMI STAIMA Al-Hikam dan PGSD UM Gelar Join Lecture Bertema Microteaching: Perkuat Kolaborasi Lewat MoA dan Praktik Mengajar
Foto Bersama Kaprodi PGMI, Pemateri dan Mahasiswa dalam Kegiatan Join Lecture Mata Kuliah Micro Teaching
Malang, 7 Mei 2025 — Dalam upaya meningkatkan kompetensi calon
pendidik dan memperluas jejaring akademik, Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIMA Al-Hikam Malang bersinergi dengan Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Malang (UM)
menggelar kegiatan Join Lecture pada Rabu,
7 Mei 2025. Bertempat di Kampus UM 2, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa
semester 6 PGMI dan berfokus pada praktik pembelajaran melalui microteaching.
Acara diawali dengan sambutan dari Ketua
Program Studi PGMI STAIMA Al-Hikam, Dr. Rohmah Istikomah, S.S., M.Pd.I., yang
menekankan pentingnya kolaborasi lintas kampus dalam membekali mahasiswa dengan
pengalaman belajar yang lebih kaya dan kontekstual.“Kegiatan ini bukan
sekadar pertukaran pengetahuan, tetapi juga ajang memperluas wawasan dan
membangun jejaring profesional. Harapan kami, mahasiswa tidak hanya memahami
teori, tetapi mampu mengimplementasikannya dalam praktik nyata,” ujar Dr.
Rohmah dalam sambutannya.
Sesi perkuliahan bersama menghadirkan dua narasumber berpengalaman, yakni
Ibu Rika Mellyaning Khoiriya, M.Pd., dosen PGSD UM, dan Ibu Dr. Umi Salamah,
M.Pd.I., dosen PGMI STAIMA. Keduanya memberikan materi yang mendalam seputar
strategi mengajar efektif dan teknik microteaching
yang aplikatif untuk jenjang pendidikan dasar.
Dalam materinya, Ibu Rika Mellyaning menyoroti
pentingnya penguasaan keterampilan dasar mengajar oleh calon guru.“Microteaching
adalah ruang aman bagi mahasiswa untuk belajar dari kesalahan, mengevaluasi,
dan tumbuh. Melalui simulasi ini, mereka dapat melatih kontrol kelas,
komunikasi, dan refleksi diri,” jelasnya.
Sementara itu, Dr. Umi Salamah mengajak mahasiswa untuk terus mengasah
empati dan kreativitas dalam mengajar.“Guru bukan hanya penyampai ilmu,
tapi juga pendamping tumbuh kembang siswa. Melalui kegiatan ini, kita harap
lahir calon-calon pendidik yang mampu hadir secara utuh di kelas, baik secara
kognitif maupun emosional,” tutur beliau.
Kegiatan ini juga menandai langkah penting dalam hubungan kelembagaan antara
kedua program studi, dengan dilakukannya penandatanganan Memorandum of
Agreement (MoA) antara PGMI STAIMA Al-Hikam dan PGSD UM. MoA ini mencakup kerja
sama dalam bidang pengajaran, penelitian, serta pengembangan laboratorium
pembelajaran.
Sebagai bagian dari implementasi pembelajaran
kontekstual, mahasiswa PGMI juga diberi kesempatan untuk praktik langsung di
Laboratorium Micro Teaching milik PGSD UM. Di sinilah mereka mengaplikasikan
teori yang didapat, melakukan praktik mengajar dengan simulasi kelas, serta
mendapat umpan balik langsung dari dosen pendamping.
Dengan semangat kolaboratif dan atmosfer
akademik yang positif, kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat kapasitas
pedagogik mahasiswa dan menjadi awal dari kerja sama berkelanjutan antara dua
institusi pendidikan.