Prodi PGMI STAIMA Al Hikam Malang Adakan Kunjungan Studi Tiru ke MIT Ar Roihan Lawang



Foto bersama Direktur Yayasan Ar Roihan Ibu Dr. Laili Qomariyah, M.Pd

Lawang, 7 Januari 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIMA Al Hikam Malang melaksanakan kunjungan studi tiru ke Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Ar Roihan, Lawang. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PGMI STAIMA Al Hikam dan bertujuan untuk memperluas wawasan terkait implementasi pendidikan inklusif sebagai salah satu program unggulan prodi.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kaprodi PGMI STAIMA Al Hikam, Dr. Rohmah Istikomah, S.S., M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya memahami konsep dan praktik pendidikan inklusif dalam membangun madrasah yang ramah bagi semua peserta didik, tanpa memandang perbedaan.

“Pendidikan inklusif adalah upaya nyata kita untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi semua anak. Dengan kunjungan ini, kami berharap mahasiswa dapat belajar langsung dari praktik terbaik yang diterapkan di MIT Ar Roihan,” ujar Dr. Rohmah.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Direktur Yayasan Ar Roihan, Dr. Lailil Qomariyah. Beliau menjelaskan secara rinci konsep pendidikan inklusif yang diterapkan di MIT Ar Roihan, mulai dari penyediaan fasilitas yang ramah anak hingga strategi pembelajaran yang adaptif terhadap kebutuhan peserta didik dengan berbagai latar belakang.

“Sekolah inklusif bukan hanya tentang menerima siswa berkebutuhan khusus, tetapi juga menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan optimal setiap anak,” jelas Dr. Lailil dalam pemaparannya.

Mahasiswa PGMI tampak antusias mengikuti diskusi dan menggali pengalaman praktis yang disampaikan oleh narasumber. Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mereka dalam mengembangkan konsep pendidikan inklusif di masa depan, terutama dalam konteks madrasah.

Dengan adanya kegiatan ini, STAIMA Al Hikam Malang terus menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa PGMI dalam bidang pendidikan inklusif, sejalan dengan visinya mencetak pendidik profesional, inklusif, dan berkarakter Islami.